Pengggolongan Biaya Menurut Fungsi Pokok dalam Perusahaan

Pengggolongan Biaya Menurut Fungsi Pokok dalam Perusahaan

 

Dalam perusahaan manufaktur, ada tiga fungsi pokok, yaitu fungsi produsi, funsi pemasaran, dan fungsi administrasi & umum. Oleh karena itu dalam perusahaan manufaktur, biaya dapat dikelompokkanmenjadi tiga kelompok :

  1. Biaya produksi
  2. Biaya pemasaran
  3. Biaya administrasi dan umum

 

Biaya produksi. Merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Contohnya adalah biaya depresiasi mesin dan ekuipmen, biaya bahan baku, biaya bahan penilong, biaya gaji karyawan yang berkerja dalam bagian-bagian, baik yang langsung maupun yang tidak langsung berhubungan dengan proses produksi. Menurut objek pengeluarannya, secara garis besar biaya produksi ini dibagi menjadi : biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik (factory overhead cost). Biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung disebut pula dengan istilah biaya utama (prime cost), sedangkan biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik sering pula disebut dengan istilah  biaya konversi (conversion cost), yang merupakan biaya untuk mengkonversi mengubag) bahan baku menjadi produk jadi.

Biaya pemasaran. Merupakan  biaya-biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk. Contohnya adalah biaya iklan, biaya promosi, biaya angkutan, dan gudang perusahaan kegudang pembeli, gaji karyawan bagian-bagian yang melaksanakan kegiatan pemasaran biaya contoh (sample)

Biaya administrasi dan umum. Merupakan biaya-biaya untuk mengkoordinasi kegiatan produksi dan pemasaran produk. Contoh biaya ini adalah biaya gaji karyawan bagian Keuangan, Akuntansi, Personalia dan Bagian Hubungan Masyarakat, biaya oemeriksaan akuntan, biaya photocopy.

        Jumlah biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum sering pula disebut dengan istilah biaya komersial (commercial expenses)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment